Social Icons

Pages

(J.R.R. TOLKIEN) THE LORD OF THE RING 2: DUA MENARA - CATATAN TENTANG PETA - PETA

<<< SEBELUMNYA



Dalam edisi orisinalnya, yang diterbitkan pada tahun 1954-55, peta-peta dalam buku The Lord of the Rings digambar oleh Christopher Tolkien, terdiri atas sebuah Peta Umum daerah-daerah sebelah barat Dunia Tengah, serta satu peta Rohan, Gondor, dan Mordor yang lebih mendetail, dalam warna hitam dan merah, di kertas-kertas besar yang dilipat serta ditempelkan di halaman akhir ketiga buku tersebut. Dalam buku The Fellowship of the Ring dan The Two Towers disisipkan Peta Umum, sedangkan dalam The Return of the King disisipkan peta Rohan, Gondor, dan Mordor. Sebagai tambahan, ada juga peta Shire dalam warna merah dan hitam, yang ada di halaman depan Buku Pertama: The Fellowship of the Ring. Christopher Tolkien meriggambar ulang Peta Umum tersebut secara kilat, untuk disisipkan dalam buku Unfinished Tales (1980), tapi kemudian peta ini menggantikan bentuk orisinalnya dalam edisi-edisi The Lord of the Rings.

Dalam edisi-edisi paperback, Peta Umum dibagi menjadi empat bagian, dibuat hanya dalam warna hitam, dengan ukuran sesuai halaman buku, sementara peta keseluruhannya juga dibuat dalam ukuran sangat diperkecil, sebagai panduan atas keempat bagian Peta Umum tersebut.
Peta Rohan, Gondor, dan Mordor ditampilkan dalam dua halaman yang saling berhadapan.
Namun peta-peta orisinal tersebut tidak dapat ditampilkan secara memuaskan kalau formatnya diperkecil. Karenanya, Mr. Stephen Raw menggambar ulang semua peta tersebut, dengan mengikuti contoh contoh aslinya dengan sangat saksama, dengan hasil yang jauh lebih jelas.
Sebagai panduan terhadap keempat bagian Peta Umum, Mr. Stephen Raw telah menggambar satu peta keseluruhan yang baru, yang menampilkan petunjuk-petunjuk yang perlu, dalam bentuk yang telah disederhanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates